Sunday, February 21, 2010

KIAT SUKSES MENYUSUI

Pada zaman ini, siapa yang masih meragukan manfaat AIR susu ibu atau ASI bagi bayi? ASI adalah sumber gizi terbaik bagi tumbuh kembang bayi. Di dalamnya mengandung immunoglobin atau zat kekebalan tubuh yang sangat cocok bagi bayi. ASI selalu tersedia, bersih, segar, aman dan selalu bersuhu tepat untuk bayi dan tantunya mudah dan murah didapatkan. Dan Dan yang paling penting adalah manfaat psikisnya bagi perkembangan emosi dan kepribadian anak.

Pada awal melahirkan, seorang Ibu dianjurkan untuk memberikan ASI Eksklusif kepada banyinya. ASI Eksklusif maksudnya adalah pemberian ASI saja termasuk kolostrum sesegera mungkin setelah bayi lahir sampai bayi berumur 6 bulan, tanpa pemberian makanan lain seperti air, air gula, madu, pisang dan sebagainya.

Berdasarkan penelitian, anak yang diberikan ASI secara eksklusif selama 6 bulan memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik daripada yang tidak diberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Oleh karena itu, upayakan ibu untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan ASI selama 2 tahun usia anak.

Berikut adalah cara menyusui yang benar:


• Sebelum menyusui, cuci tangan Anda dengan sabun dan dibilas dengan air secukupnya.
• ASI diberikan setiap kali bayi menginginkan, tanpa dijadual. Semakin sering menyusui, pengeluaran ASI akan semakin banyak.
• Pada hari ke- 1-2 pemberian ASI selama 5-10 menit pada setiap payudara. Setelah hari ke-3, lama pemberian ASI adalah 15-20 menit.
• Susui bayi sampai payudara kosong. Bila ASI masih tersisa, menyusui berikutnya mulai dari payudara yang belum kosong.
• Posisi menyusui bisa duduk, berbaring atau berdiri sesuai dengan kenyamanan ibu dan bayi. Dianjurkan menyusui dalam keadaan duduk.
• Cara menyusui yang benar adalah puting susu masuk seluruhnya ke dalam mulut bayi, sehingga sebagian aerola tertutup. Cara ini juga akan mencegah puting susu tidak lecet.
• Keadaan ibu waktu menyusui harus santai dan rileks agar ASI keluar banyak.

No comments:

Post a Comment