Wednesday, February 10, 2010

Tanda-Tanda Persalinan

Masa persalinan dan setelah persalinan merupakan saat yang paling kritis karena sebagian penyakit dan kematian ibu terjadi pada saat itu. Penyakit dan kematian tersebut dapat dikurangi bila pertolongan persalinanya dilakukan oleh dokter atau bidan dan mendapat pemeriksaan atan pengawasan pada masa 6 jam setelah persalinan.
Persalinan yang ditolong oleh dokter atau bidan akan dilakukan secara bersih dan aman. Untuk memperoleh hasil yang maksimal harus dipahami oleh ibu dan semua anggota keluarga tentang pentingnya persiapan persalinan yang meliputi antara lain: mengetahui keberadaan tenaga kesehatan terdekat, tersedianya alat transportasi dan persiapan dana. Disamping itu, ibu dan keluarga harus mengetahui tanda-tanda bahaya serta tindakan yang diperlukan.

Dukungan keluarga terutama suami dalam proses persalinan akan sangat membantu. Untuk itu dianjurkan agar keluarga atau suami dapat mendampingi ibu dan pada saat persalinan. Tanda-tanda persalinan, yaitu saat dimulainya proses persalinan, perlu diketahui oleh ibu untuk menjamin agar pengawasan oleh tenaga kesehatan dapat dimulai sejak awal.

Tanda-tanda persalinan :
• Timbulnya rasa mulas dari panggul belakang kearah depan yang semakin sering dan semakin kuat.
• Rahim terasa keras bila diraba
• Keluarnya lendir bercampur darah dari jalan lahir
• Keluarnya cairan ketuban
• Bila belum ada tanda-tanda melahirkan, tetapi air ketuban sudah keluar, segeralah minta pertolongan bidan atau dokter.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment